1.22.2017

Cara Menghilangkan Tato dengan Laser, Efektifkah

Cara menghilangkan tato dengan laser - Tato memang menjadi gaya hidup terutama bagi kaum muda beberapa waktu belakangan ini, Tato adalah seni melukis tubuh, Tato terbagi dalam dua jenis temporary dan permanen.
Tato temporary yaitu tato yang dapat hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan tato permanen yaitu tato yang bersifat permanen dan tidak bisa hilang kecuali dihapus dengan Tattonox dari produk kami.

Menghilangkan tato permanen tidaklah mudah. Ini karena saat menato pigmen warna disuntikkan ke dalam lapisan dermal kulit sehingga tato bersifat permanen. 

Salah satu metode penghapusan tato yang dinilai efektif hingga saat ini adalah metode laser. Laser dinilai efektif dalam penghapusan tato karena reisiko laser yang rendah dan tidak menimbulkan pendarahan, dan amam bagi kesehatan kulit sehingga menjadi alternatif yang efektif dengan efek samping yang minimal.

Ada beberapa obat penghilang tato di apotik yang bisa kamu coba

Dalam menghapus tato, jenis laser yang digunakan bergantung pada warna pigmen tato. Tato dengan warna hitam adalah tato yang paling mudah untuk dihapus. Ini karena warna hitam menyerap semua panjang gelombang laser. Untuk warna hijau dan kuning paling sulit untuk dihapus. Sedangkan warna ultra violet tidak bisa sdihilangkan dengan menggunakan laser.

Ada cara lain menghilangkan tato dengan kapur sirih yang cukup efektif.

Menghapus tato menggunakan laser hingga tato hilang sepenuhnya membutuh waktu yang lama. Umumnya tato yang dibuat secara profesional membutuh lima hingga tujuh sesi laser. Jumlah sesi laser bergantung pada ukuran tato dan jumlah pigmen yang digunakan pada tato. 
Tiap-tiap sesi laser membutuhkan istirahat yang memakan waktu sekitar empat minggu.

Efek samping menghilangkan tato dengan laser selain membutuhkan waktu yang lama adalah rasa sakit yang timbulkan sangat menyakitkan. 
Efek samping lainnya yang mungkin ditimbulkan hiperpigmentasi dan hipopigmentasi. 
Hiperpigmentasi adalah kondisi dimana warna kulit pada lokasi yang ditato akan lebih gelap dibanding dengan kulit di sekitarnya. 
Sedangkan hipopigmentasi adalah warna kulit di daerah yang dilaser akan memiliki warna yang lebih terang daripada normal.


Teknik laser - Melalui teknik ini, warna tato akan dipecah menggunakan sinar dengan intensitas tinggi. Ada banyak jenis laser yang digunakan untuk menghapus tato. Tiap jenis memiliki kegunaan yang berbeda-beda, seperti laserYAG dan Q-switched ruby yang hanya efektif untuk menghilangkan tato berwarna biru-hitam dan merah. Jenis ini kemungkinan tidak bisa menghapus tato berwarna hijau.

Proses awal penghilang tato dengan laser adalah menjadikan kulit mati rasa dengan suntikan obat bius lokal. Kemudian, alat laser ditempelkan pada tato untuk memanaskan dan menghancurkan tinta tato.
Setelah proses laser selesai, Anda mungkin akan melihat pembengkakan, melepuh, atau pendarahan pada kulit. Namun kondisi tersebut bisa diatasi dengan salep antibakteri.

Anda membutuhkan perawatan laser berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa 2-4 kali perawatan atau bahkan 10 kali, tergantung warna dan ukuran tato.